Blogger templates

Pages

Sunday 28 December 2014

si jeruji besi kebanggaan negeri kumandang



naik kereta api tututut,,,,,,,,........ kali ini saya akan mengupas sebuah tempat vital di negeri kumandang ini. mengapa di bilang tempat vital???? karena, tempat ini merupakan tempat hilir mudik si ular yang memiliki jalur tersendiri ini....... dan sebagai tempat menaikkan dan menurunkan si penumpang yang sedang datang dan pergi ke negeri kumandang ini...... mau tau aku ada dimana???

SELAMAT DATANG DI STASIUN BARAT !!!!
Salah Satu Kereta Api kelas ekonomi yang sedang berhenti di jalur 2 stasiun Barat
memang stasiun barat ini merupakan stasiun satu - satunya yang ada di Magetan memang stasiun ini kecil tapi terkadang banyak para remaja yang hobi selfie pasti ambil foto di sini dan di upload langsung ke Facebook atau media sosial lainnya.
oh ya..... Stasiun Barat terletak di Desa Karangsono, Kecamatan Barat. Stasiun yang terletak pada ketinggian +70 m ini terletak di Daerah Operasi VII Madiun. memang Stasiun ini terletak di jalur selatan pulau jawa dan jalur selatan ini nantinya akan menjadi jalur ganda sepanjang stasiun kroya hingga stasiun madiun. Stasiun ini dibangun pada dasawarsa 1930-an. Stasiun Barat melayani transportasi kereta api untuk tujuan-tujuan beberapa kota di pulau Jawa tetapi hanya terbatas untuk kereta api ekonomi. Dahulu terdapat rel menuju Bandara Iswahyudi. Jalur ini dipakai pertamina untuk bahan bakar pesawat.
Kereta api pengangkut avtur yang dahulunya memasok avtur ke Bandara Iswahyudi. namun, Walau jalurnya sudah mati Kereta api ini masih mengangkut bahan bakar berupa bensin atau premium dan solar
namun, karena ada truk pengangkut avtur tersedia maka jalur penghubung antara stasiun barat dan bandara iswahyudi akhirnya di matikan. Di stasiun ini pula dahulu ada lintasan rel lori menuju Pabrik gula Purwodadi untuk mengangkut tetes dan gula.

jika diamati lebih detail sebenarnya stasiun ini memiliki segi sejarah. Karena, Bentuk bangunannya memang bangunan zaman kolonial Belanda inilah yang membuat saya heran dengan stasiun ini!..... memang bukan di Stasiun barat saja yang bentuk bangunannya seperti bangunan zaman Kolonial Beland. Namun, Hampir di seluruh Stasiun di Indonesia Bangunannya seperti bangunan Zaman Kolonial Belanda. Namun, ada beberapa Stasiun yang Di renovasi namun kebanyakan stasiun di Indonesia masih tetap mempertahankan bentuk bangunannya hingga tiang listriknya bentuknya masih tetap sama seperti zaman kolonial Belanda.
Stasiun Barat Era PT. Kereta Api Indonesia (persero)
 oh ya guys...... Dahulu waktu ketika saya baru menginjakkan kaki ke Magetan Dari Bandung Naik Kereta Api Di stasiun ini Tempatnya kotor dan banyak pedagang asongan. memang, di tahun 2006 di mana tahun yang begitu suram bagi pecinta kereta api sebab waktu itu kereta api sangat begitu sumpek bahkan pengap akibat banyaknya penumpang yang naik kereta hingga pedagang asongan yang lalu lalang. Namun, enaknya Naik kereta api ekonomi waktu itu dengan harga Rp 38.000,-  kita sudah dapat pulang pergi ke Bandung.
Tapi ya begitu lah keadaannya kereta api saat itu Keterlambatan sudah hal biasa. stasiun Barat waktu dahulu memang terasa menyenangkan bagi anak anak karena tempatnya terbuka untuk umum. jika terasa lapar kita juga dapat membeli makanan ringan ke pedagang di sana. Namun, Sejak tahun 2012 Perkeretaapian Di Indonesia Mulai berbenah hingga sudah pantas jika di setara kan dengan negara tetangga. Walau penuh perjuangan, mulai dari penertiban pedagang asongan hingga perbaikan stasiun sehingga kini wajah Kereta api dan Stasiun Di Indonesia Mulai lebih Baik saat ini juga sudah layak jika kita bilang sebagai zaman keemasan perkeretaapian di Indonesia. Namun, yang tidak enak, kini di stasiun Barat jika kita ingin masuk kita akan dicegat oleh petugas Stasiun dan harus menyerahkan KTP/Kartu Pelajar dan itu pun harus penumpang yang benar benar naik ke kereta api.
petugas Stasiun Yang Dibantu Oleh Polisi
Dengan harga yang melonjak tajam dari Rp 38.000,- menjadi Rp. 100.000,- hingga Rp. 165.000,- kita baru dapat menaiki kereta api kelas ekonomi. Namun, dari segi positifnya Kereta api kelas ekonomi menjadi nyaman, toilet bersih, ada Ac di gerbong Kereta apinya dan satu lagi tidak ada sang pedagang asongan yang menjadi biang keladi nya gerbong dan peron stasiun menjadi kotor.
Revolusi Wajah Stasiun Barat
Demikian artikel dari saya semoga kalian yang ingin berkunjung ke Magetan sempatlah turun di Stasiun Barat. Jika bingung kereta apa yang berhenti di Stasiun Barat ini dia infonya:
No KA KA Tujuan Kelas Tiba Berangkat
233 Madiun Jaya Ekspress Yogyakarta (YK) Ekonomi 05.52 05.54
234 Madiun (MN) Ekonomi 21.31 21.33
134 Krakatau Merak (MER) Ekonomi AC 11.29 11.31
155 Brantas Tanjung Priok (TPK) Ekonomi 15.27 15.29
161 Kahuripan Kiaracondong (KAC) Ekonomi 16.00 16.02
84 Sancaka Sore Surabaya Gubeng (SGU) Eksekutif/Bisnis 18.46 18.52
174 Sri Tanjung Banyuwangi Baru (BW) Ekonomi 09.41 09.43
173 Lempuyangan (LPN) Ekonomi 16.21 16.33
151 Matarmaja Malang (ML) Ekonomi 22.32 22.38



 Sekian Wassalamualaikum Wr. Wb.


No comments:

Post a Comment